Pages

Thursday, August 2, 2018

Menikmati Eksotisme Kuliner Indochina

loading...

ANDA pencinta hidangan wilayah Thailand dan Vietnam yang merepresentasikan kawasan Indochina? Tepat rasanya untuk berkunjung mencicipi hidangan nan unik di Restoran Saigon San.

Menu autentik yang dipadu sentuhan modern menghasilkan penyajian visual yang begitu memikat mata dan lidah. Perjalanan panjang selama berbulan-bulan telah dilalui, menyusuri sudut-sudut kota di Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja untuk menemukan hidangan lezat dan autentik, dari restoran lokal sampai restoran berlabel Michelin.

Dari eksplorasi ini, hadirlah serangkaian menu favorit dengan tema Modern Thai & Vietnam Cuisine . Menilik sejarah kuliner Vietnam, Anda bisa menemukan pengaruh kuliner Indochina bergaya Prancis. Pho, mi kuah khas Vietnam yang mulai terkenal di seluruh penjuru dunia pada awal abad ke-20, memiliki persamaan dengan kuah kaldu sapi gaya Prancis.

Perpaduan budaya lainnya untuk kuliner di sini juga terlihat pada banxeo, panekuk tipis renyah yang diisi taoge dan udang, mirip crepes Prancis. Lalu, ada perpaduan antara cokelat dan kopi dari Eropa, yaitu socola dan caphe .

Sementara itu, kuliner Thailand yang banyak dilalui rute perdagangan dunia menjadi sebuah tempat yang memiliki asimilasi bahan dan teknik memasak yang paling menarik. Dari sini lahir sebuah gaya kuliner yang paling dinikmati orang banyak di seluruh penjuru dunia.

Di Saigon San, ada berbagai macam sayur daun eksotis tertentu yang memberikan rasa yang sangat khas pada kuliner Indochina. Karena jenis sayur atau daun ini sulit didapatkan di Indonesia, akhirnya pihak restoran menanam sendiri varian ini di kebun organik bersama sayuran lainnya yang dihidangkan dalam berbagai macam masakan di Saigon San.

Beberapa masakan menggugah selera yang harus Anda coba di antaranya paw pia thawt, semacam lumpia Thailand dengan ayam cincang, udang, kepiting, dan soun. Lalu, menu bánh xèo, panekuk tipis dan renyah isi daging sapi, udang dan taoge; bánh bao, yaitu bakpao kecil isi daging bebek, biji bunga matahari, mentimun, dan daun bawang.

Sementara menu lainnya adalah pla tod yam mamuang, sajian salad mangga hijau dengan kepiting dan jeruk pomelo yang begitu segar dan cocok menjadi appetizer. Untuk makan sharing , Anda bisa memesan mi ga , yaitu bihun dengan salad daging ayam, daun ketumbar, daun bawang, dan daun pandan.

Kemudian, yang khas sebagai makanan jalanan di Chiang Mai, ada gai hor bai toey, yakni daging ayam rendam santan dengan bungkus daun pandan yang dikukus.

Masih ada menu lainnya, seperti cha ca la vong, daging ikan bakar dengan kunyit dan adas khas Hanoi, selain ca chien mam xoai, hidangan ikan laut goreng gurih dengan parutan salad mangga, serta ga roti yang merupakan sajian ayam bakar rempah.

Hidangan khusus lainnya dari SaigonSan yang sangat menarik adalah bermacammacam jenis pho khas Vietnam. Mi kuah kaldu tulang sapi yang dimasak selama 24 jam dihidangkan dengan potongan daging sapi, pipi sapi, bakso sapi, dan sepiring penuh sayuran segar.

Ada juga beberapa masakan lainnya yang sudah cukup dikenal, seperti pad thai, pad see ew, nasi goreng tom yam, dan kari khas Thailand yang begitu kaya rasa. Dimasak dengan bahan daging sapi, seafood, sayuran, bahkan buah-buahan dan disajikan bersama sayuran segar.

Untuk hidangan pencuci mulut, Anda harus mencoba kelezatan khao niao mamuang atau Thai mango sticky rice. Pilihan lainnya adalah mangosteen sorbet dari 100% buah manggis asli, taro cheese cake dengan tekstur yang begitu lembut dan lezat, ginger flower sorbet dan young coconut creme brulee .

(don)

Let's block ads! (Why?)

https://lifestyle.sindonews.com/read/1327067/185/menikmati-eksotisme-kuliner-indochina-1533192789

No comments:

Post a Comment