Pages

Wednesday, December 26, 2018

Nilai Gizi Kuliner Lokal Asinan Betawi himgga Gado-gado

loading...

Berbagai makanan lokal tidak sedikit yang menyehatkan, contohnya gado-gado, asinan betawi, rujak buah, lalapan, dan kembang tahu. Menu-menu ini cukup sehat karena tidak digoreng dan didominasi dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT memaparkan jumlah kalori beberapa makanan tersebut.

Asinan Betawi misalnya 150 kilokalori, gado-gado sebesar 350 kilokalori, dan kembang tahu hanya 90 kilokalori. ”Asinan betawi kan isinya sayur-sayuran mentah seperti kol, wortel, selada, tauge, timun dan disiram saus kacang asam. Nah, ini cocok kalau mau dikonsumsi sering. Soalnya kandungan vitamin dan mineralnya cukup banyak untuk kebutuhan badan kita,” ucap Rachel dalam acara YOUVIT Media & Community Foodventure belum lama ini.

Dia mencontohkan, wortel mengandung vitamin A, C, B kompleks, magnesium, zat besi, fosfor, kalium dan sodium. Selada mengandung vitamin B7, B9, K dan potasium. Kembang tahu, sambungnya, memiliki manfaat relaksasi otot dan organ tubuh.

Mengingat jahe bisa mengeluarkan asam laktat dalam tubuh yang bisa menenangkan. Tapi hati-hati dengan makanan seperti martabak yang nilai kalorinya 350kilokalori, kerupuk 250 kilokalori. “Kerupuk hanya tepung yang digoreng dan kalorinya tinggi, sebaiknya batasi konsumsi ya,” kata Rachel.

Namun apakah dengan mengonsumsi asinan betawi ataupun sayur-sayuran dapat membuat kita benar-benar sehat? Jawabannya adalah belum tentu. Kenapa? Hal ini dikarenakan tubuh tiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menyerap vitamin dan mineral dari makanan harian.

Selain itu, bahan makanan yang segar belum tentu mengandung porsi vitamin dan mineral yang lengkap. “Sayur atau buah paling baik dikonsumsi setelah dipetik langsung. Kandungan vitamin dan mineralnya masih tinggi. Tetapi kalau sudah terkena sinar matahari atau disimpan terlalu lama, kandungannya secara alami bisa berkurang,” ujarnya lagi.

Terkait dengan fakta ini, tentunya tiap individu masih membutuhkan tambahan asupan berupa multivitamin. YOUVIT dapat menjadi pilihan multivitamin tepat yang bisa dikonsumsi setiap hari. “YOUVIT memiliki takaran vitamin dan mineral yang seimbang, jadi tidak perlu khawatir dengan penumpukan kadar vitamin yang ke depannya tidak baik untuk tubuh,” tambahnya lagi.

YOUVIT juga merupakan multivitamin gummy dewasa pertama di Indonesia yang terdiri dari 10 jenis vitamin dan 2 mineral penting. Pada kesempatan itu Rachel memberikan tips hidup Sehat.

Diantaranya mengonsumsi setidaknya lima buah per hari, menjaga porsi piring lebih kecil, olahraga rutin, tidur selama 7 jam, dan kunyah makanan lebih lama agar rasa kenyang bertahan lebih lama. Perlu diketahui, semakin bertambahnya usia maka kebutuhan kalori akan semakin rendah mengingat metabolisme tubuh juga akan menurun.

“Per 10 tahun maka jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh seharusnya berkurang 150 kalori,” beber Rachel. Secara umum, asupan rata-rata kalori harian bagi pria dewasa adalah 2.500 kalori, sedangkan perempuan dewasa sekitar 2.000 kalori.

(don)

Let's block ads! (Why?)

https://lifestyle.sindonews.com/read/1365994/185/nilai-gizi-kuliner-lokal-asinan-betawi-himgga-gado-gado-1545869381

No comments:

Post a Comment