Pages

Tuesday, October 16, 2018

Tips Menjalani Hidup Sehat untuk Diabetes

loading...

JAKARTA - Ada empat jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, prediabetes dan diabetes gestasional. Diabetes tipe 1 terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin. Tubuh memecah karbohidrat menjadi glukosa darah yang memberi energi dan hormon insulin dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh.

Diabetes tipe 1 dikatakan mengurangi harapan hidup, setidaknya 20 tahun. Dalam kasus diabetes tipe 2, tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan benar yang disebut sebagai resistensi insulin. Pankreas memproduksi insulin ekstra untuk menebusnya tetapi, seiring waktu, pankreas tidak dapat membuat cukup insulin untuk menjaga glukosa darah Anda pada tingkat normal.

Secara kasar, diabetes tipe 2 mengurangi harapan hidup selama 10 tahun. Orang dengan diabetes tipe 2 biasanya memiliki pradiabetes dan kadar glukosa darah mereka lebih tinggi dari tingkat normal.

Pada tahap prediabetes, beberapa kerusakan pada sistem sirkulasi dan jantung sudah terjadi. Gestational diabetes berkembang selama kehamilan dan hilang setelah melahirkan. Jenis diabetes ini dapat terjadi pada setiap tahap kehamilan. Nah, seperti dilansir Boldsky, ada 4 langkah untuk menjalani hidup panjang dan sehat dengan diabetes, apa saja?

1. Pelajari tentang diabetes

Pertama-tama Anda harus memahami apa itu diabetes dan tiga jenisnya yaitu, diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional. Anda harus memahami tubuh dengan baik dan cara kerjanya. Ini akan membantu mengelola diabetes dari hari ke hari.

Bicarakan dengan dokter tentang bagaimana Anda dapat merawat diri sendiri dengan sebaik-baiknya. Cara belajar lebih banyak tentang diabetes: Ambil kelas untuk mempelajari lebih lanjut tentang hidup dengan diabetes dengan berkonsultasi dengan tim kesehatan.

Bergabunglah dengan kelompok (diabetes) untuk mendapatkan dukungan sehingga Anda dapat mengelola diabetes. Anda juga dapat memeriksa sumber terkait diabetes yang relevan, seperti American Diabetes Association, International Diabetes Federation, Diabetic Association of India, dan seterusnya untuk mempelajari tentang diabetes.

Belajar tentang diabetes dan merawat diri sendiri akan membuat Anda merasa baik. Ini akan membantu tubuh mendapatkan lebih banyak energy.

Let's block ads! (Why?)

https://lifestyle.sindonews.com/read/1346736/155/tips-menjalani-hidup-sehat-untuk-diabetes-1539700074

No comments:

Post a Comment