Pages

Tuesday, March 5, 2019

Kian Dicintai, Animasi Kiko Siap Bersaing di Pasar Global

loading...

JAKARTA - Industri animasi Tanah Air berpotensi merebut pasar animasi yang selama ini dikuasai asing. Salah satunya ditunjukkan Kiko. Serial 3D garapan MNC Animation ini telah membuktikan kemampuannya untuk merebut pencinta animasi dalam negeri. MNC Animation bahkan menarget bisa bertarung di pasar internasional. Tekad ini disampaikan Komisaris MNC Group Liliana Tanoesoedibjo.

Menurut dia, kemampuan Kiko menarik perhatian anak-anak dan mewarnai persaingan industri animasi menunjukkan kemampuan sumber daya anak-anak bangsa membuat animasi yang baik dan berstandar internasional. “Yang mana kita harus banggakan Indonesia mempunyai animasi yang begitu baik dan yang mana animator-animator kita enggak kalah sama luar negeri. Kita bermaksud Kiko bisa go international,” ujar Liliana di Jakarta.

Dia menandaskan, MNC Animation memang menggarap Kiko dengan tujuan agar serial animasi buatan anak negeri bisa sejajar dengan buatan luar negeri. Hal ini berdasar keprihatinan begitu banyak tokoh-tokoh atau karakter-karakter luar negeri yang masuk Indonesia.

Baca Juga:

"Jadi, kayak kenapa kita enggak bisa membuat tokoh atau karakter yang kuat biar kita bisa supply di dalam negeri sendiri dan di dunia entertainment anak-anak kita. Tujuannya kita tahu tentu selain memajukan animasi di Indonesia. Kita yakin sekali orang Indonesia mampu membuat sesuatu yang bertaraf internasional, bisa sejajar dengan animasi internasional," tutur CEO MNC Games ini.

Kiko yang kini telah memasuki season keduanya. Kiko (bahasa Inggris: Kiko: The Animated Series) atau lebih dikenal sebagai New Kiko sejak Februari 2016 adalah sebuah serial animasi anak-anak yang dirilis pada 9 Agustus 2014 (pramusim) dan 7 Februari 2016 (musim pertama) di Indonesia dan disiarkan di RCTI. Secara perlahan Kiko makin digemari anak-anak dan mampu bersaing dalam pasar animasi. Seiring berjalannya waktu, Kiko berkembang menjadi sebuah game yang bisa dinikmati siapa saja dengan smartphone.

Untuk diketahui, Kiko adalah anak ikan yang tinggal di lembah bawah laut bernama Kota Asri bersama teman-temannya, Poli, Lola, Patino, dan Ting Ting. Sebagaimana lazimnya anak-anak, mereka hobi mengendarai sepeda, bermain video game, dan mengecat rumah bersama.

Tetapi, ketika petualangan memanggil, mereka akan bersama-sama menjalani petualangan yang seru seperti mengambil bunga eksotis dari gurun berbahaya hingga berurusan dengan Karkus yang flamboyan dan sahabat karibnya, Pupus, yang dari waktu ke waktu “mengganggu” mereka dengan ide-ide yang gila.

Bersama-sama, mereka harus menyelesaikan masalah mereka dan menjadi pahlawan hari itu. Keberhasilan Kiko meraih perhatian anak-anak dan keluarga bukan isapan jempol. Terbukti Kiko memiliki rating yang cukup baik, yaitu sekitar 3.9 atau sekitar 26.8% orang menonton Kiko pada saat ditayangkan setiap Minggu pukul 09.00 WIB.

Selain mendapat apresiasi pemirsa, Kiko sukses meraih Panasonic Gobel Awards 2016 (Best Kids and Animation Programme) dan Indonesian Television Awards 2017 & 2018 (Favourite Local Children Programme).

Let's block ads! (Why?)

https://lifestyle.sindonews.com/read/1384303/158/kian-dicintai-animasi-kiko-siap-bersaing-di-pasar-global-1551830482

No comments:

Post a Comment