Pages

Sunday, April 28, 2019

WHO Rilis Panduan Durasi Anak Menatap Layar Gadget

loading...

JAKARTA - Badan Kesehatan Dunia (WHO) merilis panduan baru terkait aktivitas fisik, ketidakaktifan dan tidur bagi anak usia di bawah lima tahun (balita). Badan Perseriktan Bangsa Bangsa (PBB) itu untuk kali pertama juga merilis berapa lama anak-anak boleh menatap layar monitor televisi atau pun gadget. Dalam panduan itu, WHO menyebut balita seharusnya hanya diberi waktu satu jam untuk menatap layar gadget dan bayi berusia di bawah setahun seharusnya tidak terekspos layar elektronik.

Dikutip dari Times Now News, panduan yang dikembangkan panel pakar WHO itu menyebutkan, memastikan kualitas tidur, meningkatkan aktivitas fisik dan mengurangi waktu duduk anaka-anak akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka. Ini juga akan membantu mencegah obesitas pada anak dan penyakit terkait di masa depan.

“Mendapatkan kesehatan dengan melakukan semua cara adalah yang terbaik di masa awal kehidupan orang-orang. Anak-anak adalah periode perkembang pesat dan waktu ketika pola gaya hidup keluarga bisa diadaptasi untuk meningkatkan kesehatan,” papar Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Baca Juga:

Menurut WHO, kegagalan memenuhi rekomendasi aktivitas fisik saat ini telah menyebabkan lebih dari 5 juta kematian global di seluruh kelompok usia. Perkiraan saat ini menunjukkan bahwa lebih dari 23% orang dewasa dan 80% orang muda tidak cukup aktif secara fisik yang menyebabkan mereka berisiko mengalami masalah kesehatan.

Berikut isi panduan WHO untuk balita yang harus diketahui orang tua:
1. Untuk bayi (di bawah 1 tahun)
- WHO tidak merekomendasikan bayi di bawah usia 1 tahun diberi gadget dengan layar.
- Mereka harus aktif secara fisik beberapa kali sehari dengan berbagai macam cara.
- Mereka seharusnya menghabiskan setidaknya 30 menit dalam posisi tengkurap setiap hari jika belum bisa merangkak atau berjalan.
- Mereka tidak boleh ditahan selama lebih dari 1 jam dengan stroller, kursi tinggi atau gendongan.
- Mereka seharusnya mendapatkan 14—17 jam (untuk bayi berusia 0—3 bulan) atau 12—16 jam (bayi berusia 4—11 bulan) tidur berkualitas baik, termasuk tidur siang.

2. Untuk anak berusia 1—2 tahun
- Panduan baru WHO menyebut anak berusia 1—2 tahun seharusnya menghabiskan setidaknya 180 menit sejumlah tipe aktivitas fisik, termasuk aktivitas fisik moderat sampai berat.
- Mereka seharusnya tidak ditahan selama lebih dari 1 jam sekali waktu atau duduk dalam waktu lama.
- Waktu duduk untuk nonton TV atau video atau memainkan permainan di komputer/smartphoen tidak direkomendasikan bagi anak berusia 1 tahun.
- Waktu duduk seharusnya tidak lebih dari 1 jam bagi anak berusia 12 tahun, lebih kurang lebih baik. Saat duduk, disarankan anak terlibat dalam membaca dan bercerita.
- Mereka seharusnya mendapatkan 11—14 jam tidur berkualitas, termasuk tidur siang dengan tidur rutin dan jam bangun yang rutin.

3. Untuk anak berusia 3—4 tahun
- WHO menyebut anak berusia 3—4 tahun seharusnya menghabiskan setidaknya 180 menit sejumlah tipe aktivitas fisik, dengan 60 menit di antaranya adalah aktivitas fisik dari moderat hingga intensif. Waktu ini harus dibagi-bagi dalam sehari.
- Mereka seharusnya tidak ditahan selama lebih dari 1 jam sekali waktu atau duduk dalam waktu lama.
- Waktu duduk seharusnya tidak lebih dari 1 jam bagi anak berusia 12 tahun, lebih kurang lebih baik. Saat duduk, disarankan anak terlibat dalam membaca dan bercerita.
- Mereka seharusnya mendapatkan 10—13 jam tidur berkualitas, termasuk tidur siang dengan tidur rutin dan jam bangun yang rutin.

(alv)

Let's block ads! (Why?)

https://lifestyle.sindonews.com/read/1399631/155/who-rilis-panduan-durasi-anak-menatap-layar-gadget-1556435483

No comments:

Post a Comment