Pages

Wednesday, January 1, 2020

Ingin Lebih Sehat 2020? Ini Resolusi Kesehatan Tahun Ini!

loading...

JAKARTA - 2019 telah berakhir dan saatnya menyambut tahun baru. Memasuki 2020, menjalani pola hidup sehat menjadi salah satu resolusi yang selalu direncanakan banyak orang. Resolusi yang sudah disusun pun begitu beragam. Mulai dari rajin berolahraga, istirahat yang cukup, banyak minum air putih hingga tetap begerak aktif.

Cara ini dipercaya bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih baik selama satu tahun ke depan. Sementara, Anda yang belum memiliki resolusi kesehatan, berikut resolusi yang bisa Anda aplikasikan di tahun baru seperti dilansir dari Refinery29.

1. Minum lebih banyak air

Selain membuat Anda tetap terhidrasi, air membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel di seluruh tubuh Anda dan membantu organ membuang bahan limbah. Berapa banyak air yang dibutuhkan tergantung pada banyak faktor, seperti ukuran tubuh dan tingkat aktivitas. Namun, para ahli menyarankan untuk minum 2 liter air atau setara dengan 8 gelas sehari.

2. Prioritaskan perawatan diri
"Bagi sebagian orang, perawatan diri dapat berarti menetapkan batasan dengan rekan kerja atau hubungan pribadi mereka," kata Natasha Bhuyan, MD, seorang dokter terdaftar di One Medical di Phoenix, Arizona.

Baca Juga:

"Bagi yang lain, itu mungkin berarti meringkuk dengan buku yang bagus. Namun bagi yang lain, itu mungkin berarti berfokus pada makan sehat atau tidur lebih banyak. Ini berarti melepaskan diri dari media sosial," lanjutnya.

3. Proaktif terhadap perawatan pencegahan

Bhuyan mengungkapkan bahwa banyak orang tidak menyadari bahwa kunjungan kesehatan perawatan primer juga dapat membantu mengelola kesehatan mental, tidur, kebiasaan makan yang sehat, dan aktivitas Anda. Sayangnya, banyak orang yang menganggap bahwa sistem perawatan kesehatan sebagai sistem perawatan orang yang sakit dan mereka hanya mencari perawatan ketika mereka merasa sakit.

"Namun, penting bagi setiap orang untuk memiliki penyedia layanan primer agar dapat fokus untuk tetap sehat melalui perawatan pencegahan," kata dia.

4. Memberikan banyak perhatian untuk menjaga kesehatan mental
"Ada bukti kuat bahwa perhatian bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan," ujar Bhuyan.

Untuk memulai perjalanan kesehatan Anda, pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi meditasi dan menggunakan uji coba gratis selama seminggu. Di sisi lain, Anda juga bisa mengambil langkah lebih kecil dan berkomitmen untuk mengurangi penggunaan ponsel, seperti halnya mematikan handphone setidaknya 10 menit setelah bangun di pagi hari atau tidak menggunakan Instagram untuk menjaga kesehatan mental.

5. Lebih sedikit duduk
Ini mungkin sulit jika Anda bekerja 5—9 jam yang mengharuskan duduk di depan komputer sepanjang hari. Namun, duduk dalam waktu lama dan tidak bergerak aktif telah dikaitkan dengan meningkatnya perasaan cemas dan ada bukti bahwa hal ini dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular dan diabetes.

6. Kurangi alkohol

Bukan rahasia lagi bahwa mengkonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan dapat memnyebabkan masalah kesehatan. Mengurangi alkohol dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan akan mengenjutkan diri Anda sehingga Anda bisa terus melakukannya.

(alv)

Let's block ads! (Why?)

https://lifestyle.sindonews.com/read/1484998/155/ingin-lebih-sehat-2020-ini-resolusi-kesehatan-tahun-ini-1577874166

No comments:

Post a Comment