Pages

Sunday, October 14, 2018

Miss Indonesia 2018 Ramaikan Pasar Rakyat Kosmo Batu Templek

loading...

BANDUNG - Miss Indonesia 2018, Alya Nurshabrina meramaikan pasar rakyat di kawasan wisata Kosmo Batu Templek, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (14/10/2018).

Alya yang beberapa bulan menjadi pendamping warga di kawasan tersebut, ikut meramaikan berbagai kegiatan seperti pasar jajanan tradisional, pertunjukan musik, seni melukis, panjat tebing, dan lainnya.

"Ini rangkaian akhir dari kolaborasi antara warga, Odesa, dan saya di kawasan ini. Selama ini, kita sudah bersama-sama mengatasi sanitasi, membangun MCK, dan lainnya," kata Alya.

Menurut dia, kawasan Kosmo Batu Templek pada dasarnya memiliki potensi wisata yang cukup bagus. Namun, karena masyarakatnya selama ini masih terkendala air, sanitasi, dan ekonomi, mereka kurang peduli terhadap potensi tersebut. Jangankan memikirkan pariwisata, sekadar mencari nafkah saja masih kesulitan.

"Permasalahan di kampung ini adalah air. Dan itu sedikit sudah bisa teratasi. Tinggal bagaimana membangun ekonomi warga. Kami juga ajak mereka bisa menanam bunga matahari, kelor, dan tanaman bernilai ekonomi lainnya," beber dia.

Beberapa terobosan yang berhasil dilakukan selama di Kampung Sentak Dulang misalnya, membangun jaringan pipa air sejauh 3 km hingga ke pemukiman warga. Alya bersama Miss Indonesia, Odesa, dibantu warga bersama-sama membangun MCK komunal.

"Harapannya, petani di sini bisa lebih makmur. Mereka tak perlu memikirkan persoalan air lagi. Kami juga ajak anak muda dan masyarakat punya kepedulian terhadap wisata di sini," beber dia.

Let's block ads! (Why?)

https://lifestyle.sindonews.com/read/1346118/187/miss-indonesia-2018-ramaikan-pasar-rakyat-kosmo-batu-templek-1539517757

No comments:

Post a Comment