Pages

Wednesday, January 2, 2019

Bunga Sepatu Beri Banyak Manfaat untuk Kecantikan

loading...

JAKARTA - Banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan alami sebagai bahan dasar. Selain buah dan sayur mayur, bunga juga menjadi salah satu bahan alami yang digunakan sebagai bahan utama produk kecantikan, mulai dari toner, pelembab, lotion, hingga produk mandi.

Dari berbagai jenis bunga yang ada, bunga sepatu kerap dipilih sebagai bahan dasar utama produk kecantikan. Dikutip dari Sociolla, jenis bunga ini umumnya dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki tampilan warna yang cantik.

Selain tampilannya indah, bunga sepatu juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kecantikan kulit dan rambut. Berikut ulasannya.

1. Sebagai eksfoliator alami
Bunga sepatu mengandung AHA (alpha hydroxy acids) alami yang dapat bermanfaat sebagai eksfoliator alami. Tak hanya efektif mengangkat sel-sel kulit mati, kandungan AHA alami pada bunga sepatu juga bisa membuat tampilan kulit jadi lebih halus dan juga bebas kusam. Selain itu, kandungan pro vitamin B5 dan emollient alaminya juga dikenal efektif dalam menjaga kelembapan alami kulit.

2. Mencegah munculnya garis halus
Selain mengandung AHA, bunga yang memiliki nama latin hibiscus rosa sinensis ini juga mengandung jenis acid lainnya yaitu amino acid alias asam amino. Jenis asam ini memiliki manfaat untuk membantu proses peremajaan sel kulit, sehingga tanda-tanda penuaan dini seperti keriput atau garis-garis halus tidak mudah muncul. Selain itu, karena juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bunga ini juga dapat untuk menangkal radikal bebas akibat polusi dan efek buruk sinar UV.

3. Meratakan warna kulit
Kandungan acid dan vitamin C yang terdapat dalam bunga ini juga dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi yang disebabkan oleh bekas jerawat atau meningkatnya produksi melanin akibat paparan sinar matahari. Jika ingin merasakan manfaat ini, cobalah menggunakan produk skin care yang mengandung bunga sepatu.

4. Mengontrol produksi sebum di kepala
Produksi sebum yang berlebihan tidak hanya terjadi pada kulit wajah, namun juga kulit kepala. Produksi sebum yang berlebih dapat mengakibatkan rambut menjadi mudah lepek sekaligus muncul ketombe. Tingginya tingkat pH pada kulit kepala menjadi penyebab produksi sebum meningkat. Namun, bunga sepatu kaya akan kandungan asam alami dan anti-oksidan yang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit, sehingga produksi sebum pada kulit kepala dapat lebih terkontrol. Selain itu, kandungan polifenol pada bunga ini juga dapat membantu mengatasi ketombe pada kulit kepala.

5. Mencegah uban
Munculnya uban pada rambut bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari menurunnya produksi keratin pada rambut yang membuat rambut mudah kusam, hingga efek dari kerusakan DNA yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet. Asam amino yang terdapat pada bunga ini juga dapat membantu meningkatkan produksi keratin dan berbagai kandungan vitamin lainnya untuk menutrisi dan menjaga kesehatan folikel rambut. Dengan begitu, kilau hitam dan kelembapan rambut akan tetap terjaga dengan baik.

(nug)

Let's block ads! (Why?)

https://lifestyle.sindonews.com/read/1367472/186/bunga-sepatu-beri-banyak-manfaat-untuk-kecantikan-1546445853

No comments:

Post a Comment