Pages

Saturday, April 6, 2019

HSSN Piramida Bentuk Komunitas untuk Tumbuhkan Empati pada ABK

loading...

BOGOR - Belasan pemuda di Bogor dipilih untuk mewakili sekolahnya mengikuti kegiatan Komunitas Sahabat ABK Piramida (KSAP). Kegiatan yang digelar sekolah anak berkebutuhan khusus (ABK) Home Schooling Special Needs (HSSN) Piramida itu dilakukan dalam menyambut Hari Autis sedunia yang jatuh pada 2 April 2019.

Para pemuda tersebut dilantik sebagai Duta KSAP pada hari ini (6/4). Dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, ketua panitia Herga Nur Wildan mengungkapkan, pembentukan Komunitas ini merupakan yang kali pertama dilaksanakan di Bogor yang bertujuan mencegah diskriminasi dan perundungan (bullying) pada ABK, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

"Kemudian, menumbuhkan empati dan memberikan dukungan penuh kepada siswa ABK, menyosialisasikan ABK pada tingkat remaja usia sekolah baik SD sampai SMA, serta mempersiapkan remaja yang memiliki kepedulian menjadi sahabat yang mengerti dan melindungi ABK," sambung Herga yang diaminkan rekan-rekan seprofesinya di HSSN Piramida.

Baca Juga:

Sebelumnya, HSSN Piramida terlebih dahulu menyelenggarakan pertemuan pertama pada 30 Maret. Sebelas siswa merelakan waktu libur sekolah untuk mendengar tentang apa, bagaimana menyikapi, dan belajar mengenal lebih dekat dengan ABK. Pengenalan dan pembekalan mengenai ABK disampaikan Kepala Sekolah HSSN Piramida, Eka Kurnia Muttaqien.

Di saat itu juga diluncurkan situs web HSSN Piramida dengan alamat specialneedspiramida.sch.id. Menariknya, situs web ini memiliki dua rubrik yang melibatkan partisipasi umum. Masyarakat diperbolehkan mengirim artikelnya dan untuk setiap artikel yang dimuat akan mendapatkan honorarium.

Ketika pertemuan pertama tersebut digelar, para peserta tampak sangat antusias. Mereka mengakui bahwa kegiatan ini sangat positif dan membuat mereka kenal lebih dalam anak-anak berkebutuhan khusus dari persepsi yang berbeda dan siap menjadi sahabat ABK.

Hati mereka tersentuh, bahkan mereka sempat melontarkan sejumlah pertanyaan, seperti alasan seseorang berminat menjadi guru ABK, dan apakah selanjutnya ABK bisa menjadi manusia normal? Pertanyaan-pertanyaan itu direspons kepala sekolah dan tim guru HSSN Piramida dengan jawaban yang menanamkan semangat kepedulian dalam diri peserta.

"Ke depannya, Duta KSAP akan menyusun agenda kegiatan selama setahun untuk menyosialisasikan anak-anak istimewa kepada teman-teman di sekolah, selain tetap menyosialisasikan bahwa dukungan terhadap ABK hanya bisa diperoleh melalui empati dan pedul," jelas Eka Kurnia.

Dan pada hari ini, kegiatan mereka berlangsung dengan spontanitas dan keseruan khas generasi milenial. Mereka bertemu dengan beberapa siswa HSSN Piramida yang datang bersama orang tuanya. Mereka menjalin kebersamaan dengan kehangatan. Be part of them, menjadi bagian dari mereka.

(nug)

Let's block ads! (Why?)

https://lifestyle.sindonews.com/read/1393378/166/hssn-piramida-bentuk-komunitas-untuk-tumbuhkan-empati-pada-abk-1554542562

No comments:

Post a Comment