Pages

Sunday, January 27, 2019

Cerita Spiritualisme Jaya Suprana Terbuka karena Aksi Pianis Difabel

Jakarta: Seniman dan pengusaha Jaya Suprana merayakan ulang tahun ke-70 dengan membuat pagelaran musik dan pertunjukan di Taman Ismail Marzuki pada Minggu petang. Dalam momen ini, Jaya membagikan pengalaman pribadinya mendapat "pencerahan" iman lewat musik.

Salah satunya adalah pertemuan Jaya dengan pianis jenius Michael Anthony tujuh tahun silam.

Kala itu, Michael,  tunanetra dan autis masih berusia delapan tahun. Jaya mendengar dia memainkan Piano Sonata No. 23 in F minor Op 57 alias Appassionata karya Ludwig van Beethoven, komposisi yang konon paling rumit dalam sejarah. Jaya pernah mencapai rekor memainkan sonata ini saat usianya 21 tahun.

Jaya terpana dan tak habis pikir. Dalam usia begitu muda dan dengan penglihatan terbatas, Michael membuktikan dirinya seorang pianis jenius. Pada waktu itu, Jaya mengaku sedang ragu dan terpengaruh pandangan atheisme mengenai Tuhan. Pertemuan Jaya dengan Michael kecil membawa pencerahan.

"Dengan segala kerendahan hati, saya terpaksa mengakui bahwa Tuhan itu pasti ada," ungkap Jaya disambut tepuk tangan para tamu undangan di Teater Besar TIM, Minggu, 27 Januari 2019.

"Setiap kali anak ini main piano, saya usap-usap belakangnya, saya cari, apakah ada sayapnya atau enggak? Ternyata enggak ada," imbuhnya berkelakar soal malaikat.

Menurut Jaya, Michael juga memecahkan rekor sebagai pianis buta dan autis termuda yang memainkan resital piano tunggal selama 1,5 jam di Sydney.

Jaya menyambut Michael di panggung. Pada Minggu malam itu, Michael yang telah remaja  memainkan Piano Concerto No. 21 in C Major karya Wolfgang Amadeus Mozart yang terdiri atas tiga bagian. Penampilannya, yang diiringi grup Orkestra Indonesia Pusaka, memukau penonton yang lantas memberi standing ovation.

Jaya Suprana genap berumur 70 tahun pada Minggu, 27 Januari 2019. Dia bersama istrinya Aylawati Sarwono dan Jaya Suprana Performing Arts (JSPA) mengadakan pagelaran seni musik dan pertunjukan di TIM kepada 1.000-an tamu undangan, termasuk budayawan dan politisi. Acara ini sekaligus juga merayakan 263 tahun Mozart, musisi besar kelahiran 27 Januari 1756. 
 

(ASA)

Let's block ads! (Why?)

http://hiburan.metrotvnews.com/musik/eN4ODy7K-cerita-spiritualisme-jaya-suprana-terbuka-karena-aksi-pianis-difabel

No comments:

Post a Comment