Pages

Wednesday, January 16, 2019

NTRL Tak Menyangka Sampai di Usia 25 Tahun

Suara.com - Grup band NTRL telah mencapai angka 25 tahun, dalam kiprahnya di dunia musik Indonesia. Angka tersebut bisa menggambarkan kekompakan band yang beranggotakan Bagus (vokal dan bass), Coky (gitar) dan Eno (drum).

Namun, para personel NTRL sendiri mengaku tak menyangka sudah berusia 25 tahun.

"Gue sih enggak pernah nyangka bisa sejauh ini. Karena yang gue pikirin cuma berkarya-berkarya aja pokoknya," ujar Bagus di acara peluncuran boxset NTRL XXV di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

NTRL (Instagram @ntrl.official)
NTRL (Instagram @ntrl.official)

NTRL dibentuk oleh Bagus (vokal dan bass) Bimo (drum) dan Miten (gitaris) dengan nama Netral . Album pertama mereka "Wa..lah" yang dirilis pada 1995 meraih sukses dan mencuri perhatian pecinta musik Indonesia .

Setelah merilis album ketiga, tepatnya pada 16 Januari 1998, Bimo memutuskan hengkang. Posisi Bimo digantikan oleh Eno. Dengan trio Bimo, Miten, dan Eno, Netral merilis album Paten pada 9 Juni 1999.

Setelah merilis album Paten, Miten hengkang dari Netral dengan alasan meneruskan pendidikan di Amerika Serikat. Posisi Miten kemudian digantikan Coky. Formasi Bagus, Eno dan Coky pun bertahan hingga kini.

Kemudian pada 2015, Netral berganti nama menjadi NTRL dikarenakan mantan personelnya, Bimo mematenkan nama tersebut sehingga NTRL tidak boleh menggunakan nama itu lagi.

Dalam perjalanannya, NTRL telah memiliki 14 album dan berganti personel sebanyak dua kali. Menurut Bagus yang sudah ada sejak NTRL pertama didirikan, perjalanan 25 tahun sangat luar biasa.

NTRL (Instagram @ntrl.official)
NTRL (Instagram @ntrl.official)

"25 enggak terasa. Dari ngeband-ngeband enggak jelas, bikin demo album, diterima jadi album pertama, ganti personel dan punya 14 album itu luar biasa banget," kata Bagus.

NTRL sendiri awal tidak sadar jika usia band mereka sudah 25 tahun. Menurut Bagus, Coky dan Eno, justru yang mengingatkan adalah orang lain.

"Kami enggak pernah perhatiin timeline juga sih. Bikin lagu aja terus, yang ngingetin orang lain justru. Kalau kami bertiga (formasi Bagus, Coky, Eno) Sudah 15 tahun cuma enggak kerasa kayak baru kenal kemarin," jelas Coky.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/entertainment/2019/01/16/134500/ntrl-tak-menyangka-sampai-di-usia-25-tahun

No comments:

Post a Comment