Pages

Wednesday, February 27, 2019

Ikmal Tobing Kaget Temukan Bakat Drummer Muda

Suara.com - Drummer Ikmal Tobing kaget dengan begitu pesatnya perkembangan para pemain drum di Indonesia. Hal itu diketahuinya saat menjadi juri Tama Groove Sessions yang diinisiasi oleh Mahkota Musik Indonesia (MMI).

“Gua kaget, ternyata untuk Asia Tenggara Indonesia lumayan banyak drummernya. Ini pas audisi yang ngirim 185 orang terus gua saring jadi 10, terus jadi 3 orang yang menang,” ucap Ikmal di Chic’s Music, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (27/2/2019).

Menurut personel dari Mahadewa band itu, ketiga orang yang terpilih ini cukup mewakilkan secara kemampuan sebagai drummer semi profesional. Apalagi pemenang ketiga dan kedua masih berusia dibawah 12 tahun.

“Kenapa gue ambil tiga ini, belum tentu lo di video bagus, tapi pas tampil live beda banget. Sampai sekarang juga pasti masih. Tapi gua yakin anak-anak ini bertalenta,” ujarnya.

“Misalkan Winaldi Senna Praditya juara satunya, dia composer, jam terbangnya banyak, gue pribadi ngeliat gak hanya dari materinya aja, gue liat soundnya. Ini pure bener-bener dari dia. Ketiga, nilai plusnya adalah angel pengambilan videonya dia. Di era milenial ini kita harus kreatif. Jangan takut salah,” katanya.

Tama Groove Sessions di Chic’s Music, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (27/2/2019). [Wahyu Tri Laksono/Suara.com]
Tama Groove Sessions di Chic’s Music, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (27/2/2019). [Wahyu Tri Laksono/Suara.com]

Menurut Patricia Dharmawan selaku perwakilan dari Mahkota Musik Indonesoa (MMI) acara ini sudah berlangsung dua tahun. “Ini tahun kedua kami menyelenggarakan acara Tama Groove Session Drum Competition. Istimewanya, di tahun ini pesertanya ada di usia 10 sampai 15 tahun. Sebagai info, di China yang juara baru 12 tahun juga," kata Patricia ditempat yang sama.

Sebagai informasi ajang Tama Groove Session ini diikuti oleh 185 orang dari berbagai derah di Indonesia. Ajang yang seleksinya secara daring (online) ini dilakukan sejak 1 November hingga 31 Desember 2018.

Dari 185 peserta yang telah submit video di YouTube, tiga juara telah ditemukan para juri yang kompeten di bidangnya, yaitu Ikmal Tobing, Fajar Saritama dan Tigor Nainggolan. Kemudian juga turut menghadirkan juri utama yakni Kaz Rodriguez, Norlaki Kumagai, Fuyu dan Hoshino Gakki.

Tiga juara terpilih, yaitu Winaldy Senna Praditya (juara 1), Bohemian Renaissance Purnama (juara 2) dan Akram Rosyid (juara tiga). Juara pertama Tama Groove Session 2018, yaitu Winaldy Senna Praditya (23).

Juara pertama berkesempatan mengunjungi Guangzhou, China pada pertengahan Februari lalu untuk tampil di Panggung Pameran International Music Guangzhou 2018 serta secara langsung datang melihat proses pembuatan drum Tama di pabrik Guangzhou Hoshino.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/entertainment/2019/02/28/083604/ikmal-tobing-kaget-temukan-bakat-drummer-muda

No comments:

Post a Comment