Pages

Tuesday, April 23, 2019

3 Alasan Psikologis yang Bikin Makan Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit!

loading...

JAKARTA - Gangguan makan adalah kondisi kesehatan serius yang ditandai oleh kebiasaan makan tidak teratur yang berbahaya dan berdampak pada kesehatan, emosi, dan bahkan cara menjalani hidup.

Seperti diketahui, ada bentuk gangguan makan yang paling umum, yakni Anorexia Nervosa, Bulimia Nervosa, dan Gangguan makan-pesta.

Anorexia Nervosa adalah mereka yang berjuang melawan gangguan ini memiliki ketakutan yang kuat untuk menambah berat badan. Karenanya dia makan sangat sedikit dan menjadi sangat kurus.

Baca Juga:

Bulimia Nervosa menjadi gangguan yang mengancam jiwa ini ditandai dengan episode makan berlebihan dan pembersihan. Setelah makan sejumlah besar makanan (biasanya tidak sehat), mereka yang berjuang bulimia mencoba mengeluarkan makanan dengan cara muntah atau menggunakan obat pencahar untuk mengekang rasa bersalah dan malu mereka.

Sementara, gangguan makan-pesta adalah orang yang menderita gangguan makan-pesta, biasanya banyak makanan tidak sehat. Namun, tidak seperti Bulimia Nervosa, setelah kehilangan kendali atas diet mereka, individu biasanya tidak memilih untuk berpuasa atau membersihkan cara apapun dengan gangguannya itu.

Mungkin sangat sulit dipahami apa yang dialami seseorang yang berjuang melawan gangguan makan setiap hari. Namun, beberapa faktor utama di balik timbulnya gangguan makan adalah mencoba mengendalikan hidup, berusaha menjadi sempurna, dan mencoba mengalihkan perhatian. Berikut ulasannya seperti dilansir Times Of India.

1. Mencoba mengendalikan hidup Anda
Ketika seseorang berjuang melawan gangguan makan, itu mungkin cara untuk melakukan kontrol dalam hidupnya, ketika segala sesuatu yang lain menjadi berantakan. Dari masalah keluarga yang bergolak hingga hubungan yang serba salah, ketika hidup menjadi kacau, kemudian mencoba mengendalikan aspek tertentu dari hidup yang dinilai sebagai satu-satunya cara untuk bisa merasa bertanggung jawab.

Ini adalah ilusi berbahaya dari memiliki kendali atas apa yang ingin dimakan dan apa yang ingin ditolak yang sering membuat perawatan gangguan ini menjadi sangat sulit. (Baca juga: Gejala Penyakit Jantung Mirip dengan Maag).

2. Berusaha menjadi sempurna
Ada garis tipis antara mencoba melakukan segalanya dengan sempurna dan menahan diri pada standar yang sangat tinggi. Ketika garis menjadi buram, individu mulai menghukum diri mereka sendiri karena gagal memenuhi standar irasional dengan ketat mengontrol apa yang mereka makan. Ini adalah alasan mengapa banyak orang menderita kelainan makan adalah perfeksionis dan berprestasi tinggi secara alami.

Mereka mencoba melakukan diet yang benar, gaya makan atau berolahraga dan mendorong diri mereka sendiri untuk mencapai standar tinggi yang tidak realistis yang telah mereka tetapkan untuk diri mereka sendiri.

3. Mencoba mengalihkan perhatian

Ketika orang melawan ketidakberdayaan, merasa sendirian dan tidak layak, salah satu cara mereka menghadapi emosi ini adalah dengan terobsesi dengan makanan. Orang-orang yang berjuang melawan gangguan makan mungkin berpikir bahwa mengalihkan pikiran mereka ke makanan dan berat badan bisa menjadi cara untuk mengalihkan perhatian mereka dari emosi yang sedang mereka coba tekan.

Catatan; Pada akhirnya, semua faktor ini mengarah pada satu fakta tunggal - perasaan tidak layak dan tidak dicintai dapat berubah menjadi sangat buruk dalam bentuk beberapa kelainan makan. Di satu sisi, gangguan-gangguan ini memberi ilusi, memiliki kendali atas rasa bersalah, rasa malu, atau bahkan hilangnya kekuasaan secara bertahap dalam hidup kita sendiri.

(tdy)

Let's block ads! (Why?)

https://lifestyle.sindonews.com/read/1398192/155/3-alasan-psikologis-yang-bikin-makan-terlalu-banyak-atau-terlalu-sedikit-1556012415

No comments:

Post a Comment